KOTA KELAHIRANKU SIDOARJO

by 08.20.00 0 komentar
KOTA KELAHIRANKU SIDOARJO


Hai my friend, Disini saya akan menceritakan daerah asalku yaitu Sidoarjo. Sidoarjo adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki 18 kecamatan dan dibagi lagi menjadi beberapa desa dan kelurahan. Dan kebetulan juga saya tinggal di kec. Tarik yang merupakan salah satu Kec. Terbesar di Kab. Sidoarjo meskipun letaknya di bagian Sidoarjo barat yang sudah berbatasan langsung dengan kabupaten Mojokerto. Jadinya kalau saya shoping atau jalan-jalan sering ke Mojokerto daripada ke Sidoarjo soalnya akses lokasinya lebih dekat ke Mojokerto. Tak apa-apalah kan tetap dalam satu provinsi dan satu Indonesia.. hehehehee Sidoarjo juga nggak kalah serunya dengan kota-kota lain lho yang ada di Jawa Timur ataupun se Indonesia.
Banyak hal-hal yang menarik dari kota kelahiranku ini mulai dari makanan khas, kebudayaan hingga tempat wisata…ngomong-ngomong soal makanan khas di kotaku ada beberapa makanan yang terkenal nih…misalnya :
Lontong kupang atau kupang lontong adalah nama makanan khas daerah, Sidoarjo dan Pasuruan. Di daerah pesisir timur Jawa Timur, lontong kupang yang terkenal adalah Kupang Keraton. Nama Keraton ini diambil dari suatu nama daerah atau suatu nama kecamatan di Kabupaten Pasuruan.
Kupang adalah sejenis kerang laut yang berukuran sangat kecil. Kupang yang digunakan dalam makanan ini berwarna putih kekuning-kuningan yang biasanya disebut kupang beras. Sesuai dengan namanya, ia disajikan dengan potongan2 lontong dan diberi kuah air rebusan kupang. Sebelum disajikan di atas piring digerus gula merah, bawang putih, petis udang, dan cabai (sesuai request konsumen) lalu diberi sedikit perasan jeruk, sedangkan kupangnya direbus dengan daun bawang dan bawang putih.
Masyarakat mempercayai apabila memakan lontong kupang sambil minum air degan atau es degan semua penyakit di dalam tubuh akan hilang. Wow keren bukan, Menyantap kupang tidak lengkap bila tidak disandingkan dengan sate kerang.

Sate kerang adalah makanan khas Indonesia terutama dari Sidoarjo. Kerang yang disate ini tentunya berukuran lebih besar dibandingkan dengan kupang. keunik bagi sate ini adalah bahwa daging kerang yang digunakan tidak dibakar atau dipanggang seperti layaknya sate lainnya, melainkan direbus. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan kecap dan sambal.

Kota ku ini juga mempunyai banyak kebudayaan rek….
  1. Bahasa
Bahasa yang berkembang di daerah Sidoarjo dikenal dengan sebutan Bahasa Arek. Bahasa Arek merupakan bahasa keseharian warga Kota Surabaya dan kabupaten pecahan Kota Surabaya, yaitu Sidoarjo, Mojokerto, Gresik.
  1. Tradisi
  2. Nyadran
Di Jawa, pada bulan Ruwah ( kalender Jawa ) ada tradisi yang dinamakan Ruwatan. Bentuk –bentuk Ruwatan ini dapat berupa bersih Desa ,Ruwah desa atau lainnya.
Di  Sidoarjo tepatnya di Desa Balongdowo Kecamatan Candi  ada tradisi masyarakat yang dilakukan setiap bulan Ruwah pada saat bulan purnama.
Tradisi tersebut dinamakan Nyadran, Nyadran ini merupakan adat bagi para nelayan kupang desa Balongdowo sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bentuk kegiatan Nyadran berupa pesta peragaan cara mengambil kupang di tengah laut selat Madura.
Rek, g afdol kalua kita g ngomongin soal wisata, ini ni wisata yang ada di kota kesayanganku…
  1. Pantai Kepetingan
Pantai Kepetingan merupakan salah satu objek wisata alam yang terdapat di Sidoarjo. Pantai ini terletak di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Untuk mencapai tempat ini anda diharuskan menggunakan jalur laut. Pantai Kepetingan berada dii wilayah pedalaman Sidoarjo Tak banyak yang tahu bahwa Sidoarjo memiliki tempat wisata bernuansa alam. Seperti sungai di pedalaman Kalimantan, sepanjang perjalanan menyusuri pantai kamu akan disuguhkan dengan hijaunya daun dari hutan bakau, merdunya kicauan burung yang bersahutan bertengger seakan menjadi hiburan tersendiri. Pantai ini sangat ramai dikunjungi diakhir pekan, terlebih lagi ketika diadakan upacara Nyadran, ritual sedekah laut yang dilakukan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Sun City Waterpark
Sun City Waterpark merupakan taman bermain air yang berdiri sejak 2004, lokasinya terletak di Jalan Pahlawan Sidoarjo. Sama seperti waterpark lainnya, taman bermain air ini juga menyediakan berbagai wahana permainan yang bisa pengunjung nikmati, anda sudah bisa bermain di waterpark ini dengan berbagai wahana yang tersedia, selain itu disini juga tersedia outbound dan flying fox, waterboom ini cukup lengkap dan memuaskan dari segi fasilitasnya. Disini kamu bisa bermain air sepuasnya serta menikmati wahana-wahana yang menggoda. Meskipun baru dibangun sekitar 10 tahun yang lalu, namun perkembangan obyek wisata ini cukup pesat dari waktu ke waktu. Beberapa fasilitas di tempat ini adalah life guard, panggung hiburan, dan medical center. Untuk wahana air juga tak kalah menarik yaitu dragon sliding, water boom dan lain-lain.


sekian cerita tentang kotaku, semoga bermanfaat, salam arek sidoarjo.....

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net